AD (728x60)

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 19 Oktober 2011

Batik Majalengka Mulai Diminati

Share & Comment
MAJALENGKA – Kendati belum semasyhur batik Trusmi, Cirebon,namun keberadaan batik Majalengka mulai banyak dilirik oleh pecinta batik dari luar daerah. Adanya motif khas Majalengka disinyalir menjadi daya tarik tersendiri batik Majalengka dari batik daerah lainnya.

Hal tersebut nampak dari besarnya permintaan batik Majalengka dari berbagai daerah yang mencapai angka ratusan potong/bulan. Setidaknya ada lima motif yang kental dengan Kabupaten Majalengka, yakni motif Simbar Kencana, Gedong Gincu, Kota Angin,Nyi Rambut Kasih, dan batik motif Lauk Ngibing.

Adanya peran serta warga Majalengka yang berada di luar daerah, dinilai memiliki peran penting dalam penyebaran batik Majalengka. “Beberapa bulan terakhir, permintaan batik Majalengka mengalami peningkatan cukup signifikan. Sekarang ini, permintaan batik mencapai angka 500 potong per bulan, baik itu dalam bentuk baju ataupun kain,” kata pengrajin batik Majalengka,Heru Suhersono, kepada SINDO, di kediamannya, RT 02/04 Desa Enggalwangi, kemarin.

Dijelaskan dia, batik dengan motif Nyi Rambut Kasih dan Kota Angin merupakan batik yang paling besar diminati.“Nyi Rambut Kasih, lebih halus. Adapun Kota Angin, nampak lebih gagah,maskulin,”jelas dia. Dijelaskan dia, selain dalam bentuk baju, batik khas Majalengka juga tersedia dalam bentuk kaos. Hal tersebut untuk mengikuti selera pasar yang ada.“Kebanyakan masyarakat, memandang batik itu sebagai sebuah pakaian yang formal bahkan kolot. Kami membuat terobosan dengan membuat batik kaos,”ungkap dia.

Sumber: Sindo
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

Copyright © Batik Majalengka | Designed by Templateism.com